ANALISIS PENINGKATAN PRESTASI KERJA BERDASARKAN KESESUAIAN PENEMPATAN KERJA (STUDI PADA PEGAWAI KANTOR BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA (BKN)

Nurafrina Siregar;

  • Nurafrina Siregar

Abstract

Sumber Daya Manusia merupakan faktor terpenting bagi sebuah perusahaan, karena bagaimanapun canggihnya teknologi yang digunakan tanpa didukung oleh manusia sebagai pelaksana kegiatan operasionalnya tidak akan mampu menghasilkan output yang sesuai dengan tingkat efisiensi yang diharapkan. Hal utama yang dituntut oleh organisasi dari pegawainya adalah prestasi kerja mereka yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh organisasi. Untuk meningkatkan prestasi kerja pegawai, organisasi dapat melakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan penempatan pegawai pada posisi yang tepat. Hal ini sangat penting karena bagi suatu organisasi penempatan karyawan pada posisi yang tepat merupakan suatu hal yang utama karena erat hubungannya dengan prestasi kerja karyawan dalam memberikan manfaat yang besar bagi organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kesesuaian penempatan kerja yaitu pendidikan, pengetahuan kerja, keahlian/keterampilan kerja dan pengalaman kerja terhadap peningkatan prestasi kerja pegawai Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN). Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN). Teknik pengambilan sampel adalah dengan Sampling Jenuh yaitu sebanyak 48 responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linear berganda. Berdasarkan uji t (parsial), variabel pendidikan, pengetahuan kerja, keahlian/keterampilan kerja dan pengalaman kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan prestasi kerja pegawai pada Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN). Berdasarkan uji F (simultan), variabel pendidikan, pengetahuan kerja, keahlian/keterampilan kerja dan pengalaman kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan prestasi kerja pegawai pada Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN). Nilai adjusted R Square sebesar 0,899 menunjukkan bahwa kemampuan Kesesuaian Penempatan Kerja untuk menjelaskan variabel Prestasi Kerja karyawan adalah sebesar 89,9% sedangkan sisanya 10,1% dijelaskan oleh variabel atau faktor-faktor lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-11
How to Cite
, Nurafrina Siregar. ANALISIS PENINGKATAN PRESTASI KERJA BERDASARKAN KESESUAIAN PENEMPATAN KERJA (STUDI PADA PEGAWAI KANTOR BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA (BKN). JUMANT, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 53-66, dec. 2018. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/393>. Date accessed: 26 apr. 2024.