ANALISIS PRODUK DAN CITRA KOPERASI TERHADAP WIRAUSAHA KOPERASI DALAM MENINGKATKAN INDUSTRI RUMAH TANGGA PADA MASYARAKAT DESA LUBUK SABAN PANTAI CERMIN KABUPATEN DELI SERDANG
RIKA WINDA; NURAFRINA SIREGAR
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan citra koperasi terhadap partisipasi anggota koperasi credit union Arih Ersada Desa Kutambaru Kecamatan Tanah Pinem Kabupaten Dairi dan untuk membandingkan antara teori yang penulis pelajari di perkuliahan dengan praktek yang sebenarnya di lapangan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, pengamatan, menyebarkan kuesioner berupa daftar pernyataan kepada 78 responden
dengan bantuan program Statitical Product Service Solution (SPSS) Versi 19.00 serta studi dokumentasi.Dari hasil pengujian hipotesis satu (H1) didapat nilai Fhitung 40,590 > 2,37 Ftabel dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,005, artinya kualitas pelayanan dan citra koperasi berpengaruh positif dan signifikan secara serempak terhadap partisipasi anggota koperasi credit union Arih Ersada Desa Kutambaru. Sedangkan persentase kualitas pelayanan dan citra koperasi dalam menjelaskan dan mengistemasikan partispasi anggota sebesar 50,7%. Berdasarkan hasil uji parsial dari variabel kualitas pelayanan terhadap partisipasi anggota didapat nilai thitung 1,504 < ttabel 2,000 dengan sig 0,137 > 0,05 maka disimpulkan kualitas pelayanan ada pengaruh yang tidak signifikan secara parsial terhadap partisipasi anggota. Sedangkan uji parsial dari variabel citra koperasi terhadap partisipasi anggota didapat nilai thitung5,018 > 2,000 dengan sig 0,000 < 0,05, maka disimpulkan citra koperasi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap
partisipasi anggota. Oleh karena kualitas pelayanan lebih kuat pengaruhnya daripada citra koperasi dalam mempengaruhi partisipasi anggota, maka hipotesis dua (H2) yang penulis ajukan.