Implementasi Data Mining dalam Memprediksi Stok Barang Menggunakan Algoritma Apriori

Sri Wahyuni, Suherman, Lumalo Portibi Harahap

  • Sri Wahyuni

Abstract

Penerapan Data Mining algoritma Apriori dalam memprediksi stok barang penjualan sepatu dapat digunakan untuk membantu suatu perusahaan atau toko penjualan dalam memprediksi jenis barang atau brand apa saja yang laku ataupun tidak laku pada suatu toko atau penjualan. Sehingga dapat diperoleh informasi yang jenis barang atau brand apa saja yang harus memiliki stok yang banyak, sedikit dan lain sebagainya. Dengan memanfaatkan perangkat lunak yang dirancang untuk melakukan Strategi pasar yang dapat menentukan pola persediaan stok sepatu berdasarkan permintaan pelanggan merupakan salah satu
cara yang tepat untuk mengetahui minat pembelian pelanggan. Penggunaan algoritma apriori merupakan salah satu cara untuk mengetahui hal tersebut. Dengan mengetahui minat pembelian pelanggan, maka management bisa menentukan pola persediaan stok sepatu converse sesuai dengan permintaan ataupun harapan pelanggan. Hasil dari penelitian ini adalah, perusahaan dapat lebih mudah dalam menyediakan produk yang lebih diinginkan pelanggan berdasarkan stok sepatu converse yang ada. Sehingga penjualan akan meningkat dan dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan dikarenakan pelanggan merasa puas dengan produk yang telah ditawarkan oleh perusahaan.

Published
2018-08-06
How to Cite
, Sri Wahyuni. Implementasi Data Mining dalam Memprediksi Stok Barang Menggunakan Algoritma Apriori. Jurnal Teknik dan Informatika, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 67-71, aug. 2018. ISSN 2089-5941. Available at: <http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/Juti/article/view/226>. Date accessed: 24 apr. 2019.
Section
Articles