PENGARUH ANIMASI FILM TERHADAP PENCAPAIAN SISWA DALAM MENULIS TEKS DESKRIPTIF

SRI WAHYUNI

  • Sri Wahyuni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah film animasi berpengaruh signifikan terhadap pencapaian siswa dalam menulis. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain eksperimental. Populasi dari penelitian ini adalah kelas X SMA Dharmawangsa Medan dan total sampel adalah 70 siswa. Dua kelas dipilih melalui sampling acak dengan menggunakan teknik lotere. Satu kelas digunakan sebagai kelompok eksperimen dan kelas lain sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diajar dengan menggunakan film animasi sedangkan kelompok kontrol diajar dengan menggunakan metode ceramah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis. Data dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil komputasi t-test jelas menunjukkan bahwa t-observed lebih tinggi dari t-tabel (3,24> 1,67) dengan derajat kebebasan 68 (df = N-2) pada tingkat signifikansi 0,05 satu uji ekor. Ini menunjukkan bahwa aplikasi film animasi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi siswa dalam menulis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-06
How to Cite
, Sri Wahyuni. PENGARUH ANIMASI FILM TERHADAP PENCAPAIAN SISWA DALAM MENULIS TEKS DESKRIPTIF. JUMANT, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 135-142, july 2018. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/212>. Date accessed: 23 apr. 2024.