PENGARUH ROA, CAR DAN LDR TERHADAP HARGA SUKUK PADA BANK SYARIAH DI INDONESIA

  • Surya Asih Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Irawan Irawan Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Return on Assets (ROA), Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan To Deposit Ratio (LDR) terhadap harga sukuk (obligasi syariah) bank syariah di Indonesia. Penelitian ini diharapkan dapat menjelaskan bahwa terdapat peningkatan kinerja bank syariah di Indonesia yaitu rasio likuiditas, profitabilitas dan sovabilitas dengan adanya dana sukuk. Rencana Aksi yang dilaksanakan pada setiap strategi evaluasi dimulai dengan mendefinisikan serangkaian konsep teoritis, tingkat analisis yang relevan, dan indikator yang dapat diukur. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah harga sukuk (obligasi syariah) dan variabel bebas penelitian ini adalah Return On Assets (ROA), Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Loan to Deposit Ratio (LDR). Model analisis data menggunakan regresi linier berganda (metode regresi linier berganda). Pengamatan data yang digunakan adalah data variabel-variabel tersebut dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, tahun 2010-2019. Data diperoleh dari Bank Indonesia. Analisis dilakukan dengan bantuan Software SPSS (Paket Statistik Ilmu Sosial). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara simultan Return On Assets (ROA), Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan To Deposit Ratio (LDR) berpengaruh terhadap harga sukuk (obligasi syariah) bank syariah di Indonesia. Hasil pengujian secara parsial membuktikan bahwa Return On Assets (ROA) tidak berpengaruh terhadap harga sukuk (obligasi syariah) pada Bank Syariah di Indonesia. Capital Adequacy Ratio (CAR) mempengaruhi harga sukuk (obligasi syariah) bank syariah di Indonesia. Loan To Deposit Ratio (LDR) mempengaruhi harga sukuk (obligasi syariah) pada bank syariah di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ghozali. I, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Semarang : Universitas Diponegoro, 2009.
Herman Darmawi, Manajemen Perbankan, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011.
Huda, Nurul & Mustafa Edwin Nasution, Investasi pada Pasar Modal Syariah, Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.
Isnurhadi, Analisis Model CAPM Dalam Memprediksi Ttingkat Harga sukuk Syariah dan Konvensional (Studi kasus Saham di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan Tahun XI No 1. 2014.
Kuncoro, Mudrajad, Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi, Jakarta : Erlangga, 2009.
Novietha, Pengaruh Penerbitan Obligasi Subordinasi terhadap Pembiayaan dan kinerja Bank Syariah(Studi kasus Bank MuamalatIndonesia), tesis, PTTIUI, Jakarta, 2005
Nurul huda dan mustafa Edwin nasution, Investasi pada pasar modal syariah, Jakarta: Kencana, 2008
Totok Budi Santoso dkk, Bank dan Lembaga Keuangan lain,edisi 2, Jakarta: Salemba Empat, 2010
Wahid, Nazaruddin Abdul, SUKUK: Memahami & Membedah Obligasi pada Perbankan Syariah, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.
Published
2021-07-25
How to Cite
ASIH, Surya; IRAWAN, Irawan. PENGARUH ROA, CAR DAN LDR TERHADAP HARGA SUKUK PADA BANK SYARIAH DI INDONESIA. JUMANT, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 132-142, july 2021. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/3901>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles