PENGARUH ADVERTISING DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA

  • Haryaji Catur Putera Hasman Universitas Medan Area
  • Cindy Natalina Universitas Medan Area
  • Alfifto Alfifto Universitas Medan Area

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh advertising dan personal selling terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada Masyarakat di Kelurahan Sei Agul, Medan. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dari kuesioner dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di kelurahan Sei Agul yang pernah membeli sepeda motor Honda. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 98 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik sampling insidental. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan advertising dan personal selling berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial, baik advertising maupun personal selling masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, Nike Nur, Awin Mulyati, and IGN Anom Maruta. "ANALISIS PENGARUH ADVERTISING DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN." Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis 4.1 (2018).
Elmas, M., Hermanto Hermanto, and Agung Yatiningrum. "Pengaruh Dimensi Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomsel." Ecobuss 6.1 (2018): 39-51.
Ghozali, Imam. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Imelda, Sri, and Marijati Sangen. "Pengaruh Keputusan Bauran Promosi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Nomor Perdana Telkom Flexi di Kota Banjarmasin." JWM (Jurnal Wawasan Manajemen) 1.2 (2019): 259-280.
J. Paul Peter, James H. Donnelly, Jr. (2007). Marketing Management: Knowledge and Skills, Eighth Edition. New York: Mc Graw Hill.
Kaeng, Agustina M., Lisbeth Mananeke, and Bode Lumanauw. "bauran promosi pengaruhnya terhadap keputusan pembelian motor Yamaha di PT. Hasjrat Abadi." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 2.3 (2014).
Khairunissa, Kansa, Suharyono Suharyono, and Edy Yulianto. "Pengaruh Bauran Promosi Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan (Survei Pada Mahasiswa Binus University Yang Menggunakan Jasa Go-Jek Di Jakarta)." Jurnal Administrasi Bisnis 46.2 (2017): 37-45.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2014). Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran. Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2014). Principle Of Marketing, 15th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller (2012). Marketing Management, 14th Edition. New Jersey: Prentice Hall.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management. Pearson: Manajemen Pemasaran . Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. (2012). Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Buku Dua. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi.
Kurniawan, Albert. (2014). Metode Riset untuk Ekonomi dan Bisnis: Teori, Konsep, dan Praktik Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Lontoh, Michael N. "Analisis pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian mobil Toyota pada PT. Hasjrat Abadi Manado Cabang Tendean." Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi 16.1 (2016).
Mulyadi. (2012). Akuntansi Biaya. Edisi ke-5 Cetakan Kesebelas. Yogyakarta: STIM YKPN.
Oktavania, W. P. 2019. Pengaruh Pemasaran Langsung dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Exclusive Matte Lip Cream Di Tokopedia. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 27-48.
Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Santoso, Singgih. (2012). Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Situmorang, Syafrizal Helmi. (2018). Analisis Data Untuk Riset Manajemen dan Bisnis. Medan: USU Press.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.
Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis: untuk Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Yogyakarta: Andi.
Swastha, B. DH. (2014). Azas-azas Marketing. Yogyakarta: Liberty.
Swastha, Basu dan Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Cetakan Ketiga belas. Yogyakarta: Liberty.
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. (2015). Pelangan Puas? Tak Cukup!. Edisi 1.Yogyakarta : Andi.
Tjiptono, Fandy. (2011). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, Fandy. (2020). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.
Wijaya, Sofiyan Hadi, and Suwitho Suwitho. "PENGARUH ADVERTISING DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA." Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM) 6.1 (2017).
Published
2021-12-21
How to Cite
HASMAN, Haryaji Catur Putera; NATALINA, Cindy; ALFIFTO, Alfifto. PENGARUH ADVERTISING DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA. JUMANT, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 1-8, dec. 2021. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/4013>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles