FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA GEPREK BENSU MONGONSIDI MEDAN

  • Alfifto alfifto Universitas Medan Area

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian Pada Geprek Bensu Mongonsidi Medan, pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Pada Geprek Bensu Mongonsidi Medan, pengaruh Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Pada Geprek Bensu Mongonsidi Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi seluruh konsumen yang membeli Geprek Bensu Mongonsidi Medan. Penelitian sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 80 orang konsumen pada Geprek Bensu Mongonsidi Medan. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Data penelitian bersumber dari kuesioner. Viral Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Geprek Bensu Mongonsidi Medan. Celebrity Endorser berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Geprek Bensu Mongonsidi Medan. Brand Awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Geprek Bensu Mongonsidi Medan.


 


Kata kunci : Brand Awareness, Celebrity Endorser, Keputusan Pembelian, Viral Marketing

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arliska, M. U., Rachma, N., & Hufron, M. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser, Inovasi Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ayam Geprek Bensu (Studi Pada Mahasiswa Rusunawa II Universitas Islam Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8(07).
As’ad, M. S. (2019). Analisis Pengaruh Viral Marketing, dan Brand Awareness Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Ngikan Tebet. Fakultas Ekonomi dan Bisnis uin jakarta.
Irawan, A. (2019). Pengaruh Viral Marketing dan Endorser terhadap Keputusan Pembelian dengan Brand Awareness sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna Produk Smartphone Merek Oppo di Kota Makassar). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Kotler, P. and K. L. K. (2016). Marketing Managemen,(15th Editi). Pearson Education, Inc. Kristanto, O. D., Indraningrat, K., & Prasetiyaningtiyas, S. (2017). Pengaruh Viral
Marketing, Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Di Distro Rmbl. Bisma: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 11(1), 62–75.
Lestari, A. P., Rusno, R., & Nurfarida, I. N. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image dan Harga terhadap Minat Beli Konsumen pada Geprek Bensu Kawi Malang. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 5(1).
Megayani, M., & Marlina, E. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Purchase Intention melalui Brand Image sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01), 175–193.
Nggilu, M., Tumbel, A., & Djemly, W. (2019). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Geprek Bensu Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3).
Ningsih, S. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Usaha Kuliner Geprek Bensu Jalan Arifin Ahmad No. 14 Pekanbaru Menurut Ekonomi Islam. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Norhermaya, Y. A., & Soesanto, H. (2016). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Kepercayaan Dan Loyalitas Pelanggan Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang (Studi Kasus Online Store Lazada. co. id). Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Purnawijaya, F. M. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kedai 27 Di Surabaya. Agora, 7(1).
Puspita, D. (2017). Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah (Studi Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara). Skripsi, Program Strata-1 Manajemen Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi ….

Putri, G. H., & Patria, B. (2018). Pengaruh Endorser Selebriti Instagram terhadap Minat Beli Remaja Putri. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 4(1), 33–41.
Putri, S. L., & Deniza, M. P. (2018). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chicken Nugget Fiesta Di Kota Padang. Jurnal Agrica, 11(2), 70–78.
Radiman, C. A. J. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Geprek Bensu di Kota Harapan Indah Bekasi/Claudia Ade Juantonia Radiman/22160127/Pembimbing: Abdullah Rakhman.
Saifudin, K., & Zakky, F. A. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Belanja Produk Elektronik Online Lazada Di Kota Surakarta. Iain Surakarta.
Sundari, E. (2017). Pengaruh Iklan Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Awarenesspada Konsumen Kosmetik Mustika Ratu Di Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Superwiratni, S. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Menginap Di Cottage Daarul Jannah. THE Journal: Tourism and Hospitality Essentials Journal, 8(2), 99–110.
Tuti, T. A., & Akhmad, J. (2018). Strategi Pemasaran Pada Warung Ayam Geprek Pak Joyo (Jalan Jogokaryan nomor 4, Yogyakarta). STIE Widya Wiwaha.
Yulianto, I. D., Fathoni, A., & Hasiholan, L. B. (2020). The Influence Of Viral Marketing, References Group, And Received Value On Decisions To Choose College In Management Study Programs Pandanaran University, Semarang. Journal of Management, 6(1).
Published
2021-12-27
How to Cite
ALFIFTO, Alfifto. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA GEPREK BENSU MONGONSIDI MEDAN. JUMANT, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 9 - 16, dec. 2021. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/4044>. Date accessed: 03 dec. 2022.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)