PENGARUH KUALITAS PRODUK HOTEL TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP TAMU DI HOTEL GRAND INNA MEDAN
Olga Theolina Sitorus;
Abstract
Dewasa ini industri pariwisata berkembang sangat pesat serta menjadi pendorong perekonomian suatu negara. Pariwisata tidak terlepas dari ketersediaan sarana akomodasi sebagai suatu penunjang yang sangat penting. Salah satu akomodasi tersebut adalah hotel. Hotel sebagai salah satu sarana akomodasi dalam pariwisata dituntut untuk menyediakan produk-produk yang berkualitas demi kepuasan pengunjungnya. Namun masih terdapat beberapa hotel yang tidak memperhatikan kualitas produknya sehingga membuat tamu enggan untuk menginap dan berdampak pada turunnya jumlah hunian kamar. Kurangnya kemampuan sumber daya manusia hotel dalam menguasai product knowledge hotel, serta kurangnya komunikasi yang baik dengan tamu sehingga menimbulkan miss communication dengan tamu dapat berdampak buruk terhadap kelangsungan hidup suatu hotel. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur seberapa besar pengaruh kualitas produk hotel terhadap keputusan tamu untuk menginap di hotel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk hotel dalam hal ini fasilitas penunjang yang ada di hotel berpengaruh terhadap keputusan tamu untuk menginap. Selain itu memberikan pengetahuan dan pelatihan kepada pegawai hotel tentang produk hotel merupakan hal yang penting demi tercapainya kepuasan pelanggan/tamu hotel tersebut.