PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PRAMUKAMAR TERHADAP KEPUASAN TAMU DI DEPARTEMEN TATA GRAHA PADA HOTEL SIBAYAK INTERNASIONAL BERASTAGI

Yulvitriyani Br Sebayang;

  • Yulvitriyani Br Sebayang

Abstract

Penelitian dilakukan di Departemen Tata Graha pada Hotel Sibayak Internasional Berastagi, mengenai kualitas pelayanan, kepuasan tamu dan hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu. Housekeeping departement (Tata Graha) mempunyai tanggung jawab atas pemeliharaan serta menyajikan keadaan yang bersih untuk seluruh area hotel. Pariwisata memliki beberapa sektor salah satunya adalah hotel. Hotel juga menawarkan berbagai fasilitas yang dapat memanjakan tamu demi mencapai keinginan dan urusan para tamu dengan harapan tamu akan merasa puas dan kembali ke hotel tersebut sehingga kunjungan hotel dapat dijaga dan bahkan penunjang industri pariwisata yang memiliki beberapa departemen yang saling berkaitan dalam kegiatannya. Salah satu departemen dalam hotel yang berhubungan langsung dengan tamu adalah departemen tata graha (housekeeping departement). Housekeeping adalah salah satu bagain atau department yang ada di hotel yang bertugas menjaga, merawat, dan membersihkan serta memelihara rooms atau kamar kamar hotel maupun area diluar kamar
hotel atau area yang tergolong kedalam area umum (public areas) di hotel agar tetap nyaman, indah, dan aman.Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi pihak manajemen dalam merumuskan kebijakan pada Hotel Sibayak Internasional Berastagi terutama tentang prosedur pelayanan di departemen Tata Graha.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-05
How to Cite
, Yulvitriyani Br Sebayang. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PRAMUKAMAR TERHADAP KEPUASAN TAMU DI DEPARTEMEN TATA GRAHA PADA HOTEL SIBAYAK INTERNASIONAL BERASTAGI. JUMANT, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 207-214, dec. 2019. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/705>. Date accessed: 05 nov. 2024.