STRATEGI MENGEMBANGKAN KEPUASAN PELANGGAN ONLINE SHOP DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (STUDI KASUS SABUN PYARI)
Miftah El Fikri; Rizal Ahmad; Ramadhan Harahap;
Abstract
Online Shop Suma Wijaya adalah salah satu agen resmi sabun Pyary original yang telah dipercaya ribuan pelanggan dari berbagai daerah di Indonesia. Mengutamakan basis penjualan online khususnya media sosial instagram, Online Shop Suma Wijaya telah memiliki banyak pelanggan tetap dengan potensi penjualan yang cukup tinggi. Online shop Suma Wijaya berfokus pada penjualan produk-produk yang diminati oleh kalangan wanita dari mulai produk kecantikan, pakaian, sampai pernak-pernik keperluan pernikahan. Tetapi ada banyak permasalahan di dalam penjualan di mana sebagian konsumen tidak melakukan pembelian kembali, sehingga ini menjadi dasar masalah kepuasan di dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan 150 responden yang dipilih berdasarkan karakteristik secara nonprobability sampling – purposive sampling. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi stepwise. Pada penelitian ini variabel yang mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah Kualitas Produk, Kemudahan, Hubungan Emosional dan Perilaku Pasca Pembelian.