UPAYA PENINGKATAN REPURCHASE INTENTION MELALUI SOSIAL MEDIA DAN WORD OF MOUTH TERHADAP HOTEL PARBABA BEACH DI DAERAH PARIWISATA KABUPATEN SAMOSIR
Dewi Nurmasari Pane; Miftah El Fikri; Nurafrina Siregar;
Abstract
Penelitian ini bertujuan agar pengusaha hotel dapat mengoptimalkan penggunaan sosial media dan word of mouth guna meningkatkan repurchase intention dari para pengunjung Hotel Parbaba Beach l. Dan secara tidak langsung dapat menginformasikan daerah wisata di Samosir kepada wisatawan domestik dan internasional. Sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan secara otomatis akan meningkatkan income masyarakat di kawasan sekitar daerah pariwisata Samosir. Masalah yang utama dalam penelitian ini adalah bagaimana para pengusaha hotel dapat memaksimalkan penggunaan sosial media sebagai sarana promosi hotel yang dikelolanya, serta menjaga kualitas pelayanan yang diberikan kepada pengunjung hotel agar pengunjung hotel merasa puas sehingga mereka akan kembali lagi berkunjung di waktu yang akan datang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memahami fenomena-fenomena sosial dari sudut perspektif partisipan. Metode pengumpulan data melalui teknik dokumentasi (penelusuran data), teknik wawancara, observasi dan kuesioner. Hasil analisis dan identifikasi ini diharapkan dapat menciptakan suatu strategi pemasaran digital yang inovatif dan menarik, serta adanya standard kualitas pelayanan yang diberikan kepada pengujung hotel yang akan membentuk word of mouth positif dari pengunjung hotel sehingga akan meningkatkan repurchase intention.