PROSES PEMBELAJARAN MELALUI INTERAKSI EDUKATIF DALAM PENDIDIKAN ISLAM

  • Muhammad Yunan Harahap Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam dan Humaniora UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

Abstract

Penelitian bertujuan menjelaskan Interaksi edukatif sebenarnya adalah komunikasi timbal balik antara pihak yang satu dengan pihak yang lain, sudah mengandung maksud maksud tertentu. Yakni untuk mencapai pengertian bersama yang kemudian untuk mencapai tujuan. Interaksi edukatif yang harmonis antara pendidik dan peserta didik sangat memengaruhi keberhasilan pembelajaran. Namun kenyataannya, persoalan interaksi edukatif dewasa ini kurang mendapat perhatian stakeholder atau orang- orang yang terlibat dalam proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk:1. Mengetahuiabagaimana hakikat interaksi edukatif antara pendidik dan peserta didik. 2. Mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan interaksi edukatif antara pendidik dan peserta didik. Adapun metode yang di gunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif melalui pendekatan kajian pustaka. Hasil dari penelitian menunjukkan 1. bahwa interaksi edukatif dalam peroses pembelajaran begitu urgen untuk di terapkan oleh pendidik dan peserta didik. 2. Perlu pemahaman yang sempurna bagi guru dalam menerapkan interaksi edukatif terhadap peserta didik. 3. Kajian kajian tentang interaksi edukatif harus terus di kembangkan demi terjaganya hubungan batin antara pendidika dan peserta didik.

Published
2022-07-20
How to Cite
HARAHAP, Muhammad Yunan. PROSES PEMBELAJARAN MELALUI INTERAKSI EDUKATIF DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 31-42, july 2022. ISSN 2774-3373. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/4245>. Date accessed: 03 dec. 2022.