PERAN PENDIDIKAN AGAMA DALAM MEMBANGUN MORAL: Tinjauan Solusi Dan Tantangan

  • Abu Hasan Al-Asy’ari STMIK Triguna Dharma

Abstract

Pendidikan agama telah lama diakui sebagai pilar utama dalam pembentukan karakter dan moral individu. Tulisan ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran yang dimainkan oleh pendidikan agama dalam proses pembangunan moral, serta untuk mengidentifikasi solusi-solusi yang dapat diimplementasikan dan tantangan-tantangan yang perlu diatasi dalam meningkatkan efektivitasnya. Dalam konteks global yang semakin kompleks dan beragam, pendidikan agama dihadapkan pada berbagai tantangan, mulai dari pluralisme agama hingga laju modernisasi dan sekulerisasi. Namun, dengan pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai universal dan kerjasama antaragama, pendidikan agama dapat menjadi solusi yang penting dalam mempromosikan toleransi, empati, dan pemahaman antarbudaya. Melalui pendekatan yang holistik dan terintegrasi, solusi-solusi inovatif dapat dikembangkan, termasuk penggunaan teknologi untuk mendukung pembelajaran agama yang inklusif dan partisipatif. Meskipun demikian, tantangan-tantangan seperti kurikulum yang kurang fleksibel dan pemahaman yang sempit tentang agama masih menjadi halangan yang perlu diatasi. Dengan demikian, penelitian dan upaya berkelanjutan diperlukan untuk meningkatkan peran pendidikan agama dalam membangun moral, menciptakan masyarakat yang lebih adil, inklusif, dan harmonis.

References

Andhi Kusumastuti. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif . Deepublish.

Chaer, H., Sirulhaq, A., & Rasyad, A. (2019). MEMBACA: SEBAGAI MEDITASI PIKIRAN DAN BAHASA. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 11(1). https://doi.org/10.21274/LS.2019.11.1.161-182

Hasan Al-Asyari, A. (2023). PEMBERDAYAAN EKONOMI UMAT MELALUI DA’I PRENEUR (NGAJI BISNIS). Jurnal Ilmiah Al-Hadi, 8(2), 52–57. https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/4639

Hidayat, M. G., & Kurniawati, N. (2017). Pembelajaran Akidah Akhlak dan Korelasinya Dengan Peningkatan Akhlak al-Karimah Peserta Didik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02), 25. https://doi.org/10.30868/EI.V6I12.181

Mannan, A. (2018). ESENSI TASAWUF AKHLAKI DI ERA MODERNISASI. Aqidah-Ta: Jurnal Ilmu Aqidah, 4(1), 36–56. https://doi.org/10.24252/AQIDAHTA.V4I1.5172

Matthew B. Miles, & A. Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif; Buku Sumber tentang Metode-Metode Bau (Tjetjep Rohendi Rohidi, Ed.). UI-Press.
Nazaruddin. (2019). STRATEGI GURU MELALUI PENDIDIKAN TA’DIB DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA. JURNAL AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 14(2), 50–56. http://journal.stitalhilalsigli.ac.id/index.php/azkia/article/view/280

Nofialisman, R. (2023). Problematika Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa. An-Nuha, 3(2), 285–291. https://doi.org/10.24036/ANNUHA.V3I2.299

Topol, E. J. (2019). High-performance medicine: the convergence of human and artificial intelligence. Nature Medicine, 25(1), 44–56. https://doi.org/10.1038/S41591-018-0300-7

Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69. https://doi.org/10.26623/THEMESSENGER.V3I2.270

Yunan Harahap, M., Ependi, R., & Amin, N. (2023). Model Pendidikan Tazkiyatun Nafs Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Swasta Tarbiyah Islamiyah Kab. Deli Serdang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 560–569. https://doi.org/10.24815/JIMPS.V8I2.24720
Published
2023-12-14
How to Cite
AL-ASY’ARI, Abu Hasan. PERAN PENDIDIKAN AGAMA DALAM MEMBANGUN MORAL: Tinjauan Solusi Dan Tantangan. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 51-57, dec. 2023. ISSN 2774-3373. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/4748>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.54248/alhadi.v9i1.4748.