MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VII SMP IT DARUL ABROR MELALUI METODE PEMBELAJARAN INTERAKTIF
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kewarganegaraan pada siswa kelas VII SMP IT Darul Abror melalui implementasi metode pembelajaran interaktif. Mengingat pentingnya pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk karakter siswa sebagai warga negara yang baik dan bertanggung jawab, penelitian ini dilakukan untuk mengatasi masalah rendahnya tingkat pemahaman dan minat siswa terhadap materi kewarganegaraan. Dengan menggunakan desain PTK yang terdiri dari siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, penelitian ini mencoba mengintegrasikan teknik pembelajaran interaktif seperti diskusi kelompok, studi kasus, dan simulasi dalam proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman kewarganegaraan siswa, yang diukur melalui pre-test dan post-test, serta peningkatan partisipasi aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan metode pembelajaran interaktif terbukti efektif dalam mendorong keterlibatan siswa, memfasilitasi pembelajaran yang lebih mendalam tentang nilai-nilai kewarganegaraan, dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menerapkan konsep-konsep kewarganegaraan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap praktik pendidikan kewarganegaraan di Indonesia dengan menawarkan pendekatan pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran civik siswa. Implikasi dari penelitian ini menyarankan bahwa guru kewarganegaraan dapat mengadopsi metode pembelajaran interaktif sebagai strategi efektif untuk memperkaya pengalaman belajar siswa dan mempersiapkan mereka menjadi warga negara yang informasi, kritis, dan bertanggung jawab.
References
Bela Vista, E. R., Chasanatun, F., & Kustini, K. (2023). MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI MEDIA GAME ONLINE WORDWALL PADA MATA PELAJARAN PPKN. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(2), 271–279. https://doi.org/10.36379/AUTENTIK.V7I2.357
Fitriyani, F., Barokah, A., & Kurniati, B. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran PKN Siswa Kelas V Sekolah Dasar. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 3(2), 540–552. https://doi.org/10.47467/EDUI.V3I2.5000
Miftah, M. (2018). PENGEMBANGAN DAN PEMANFAATAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN INTERAKTIF. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK, 14(2), 147–156. https://doi.org/10.33658/JL.V14I2.117
Mislawati, M. (2023). Peningkatan Partisipasi Aktif dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di SMP Negeri I Soppeng Riaja. Jurnal Edukasi Saintifik, 3(1), 68–83. https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jes/article/view/180
Nur Aisah, R., Masfuah, S., & Shokib Rondli, W. (2022). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR PPKn DI SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 671–685. https://doi.org/10.36989/DIDAKTIK.V8I1.339
Pramitasari, I. (2021). Media Papan Pintar Pancasila sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri 2 Payaman Nganjuk. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 68–76. https://doi.org/10.53624/PTK.V2I1.47
Pranata, D. A., Jamaludin, J., & Yunita, S. (2023). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) PADA KELAS VII DI SMP SWASTA ALWASLIYAH PINANG BARIS. Majalah Ilmiah METHODA, 13(3), 332–336. https://doi.org/10.46880/METHODA.VOL13NO3.PP332-336
Pratama, A. N., & Batubara, H. H. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Materi Penerapan Nilai-nilai Pancasila. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 4(2), 157. https://doi.org/10.54471/BIDAYATUNA.V4I2.1082
Samosir, R. S., & Purwandari, N. (2020). Aplikasi Literasi Digital Berbasis Web Dengan Metode R&D dan MDLC. Techno.Com, 19(2), 157–167. https://doi.org/10.33633/TC.V19I2.3318
Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). INTERNALISASI NILAI PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN MELALUI PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBANTUAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR. Jurnal Teknodik, 155–167. https://doi.org/10.32550/TEKNODIK.V25I2.897
Syahbrudin, J. (2018). Multimedia Interaktif Berbasis Karakter sebagai upaya Peningkatan Nilai-Nilai Karakter dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Computer Engineering, Science and System Journal, 3(1), 7. https://doi.org/10.24114/CESS.V3I1.8322
Utami, A. D. D., Marini, A., Nurcholida, N., & Sabanil, S. (2022). Penerapan Aplikasi Game Wordwall dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6855–6865. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I4.3365
- You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.