MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VII SMP IT DARUL ABROR MELALUI METODE PEMBELAJARAN INTERAKTIF

  • Doli Siregar Guru PPKN SMP IT Darul Abror

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kewarganegaraan pada siswa kelas VII SMP IT Darul Abror melalui implementasi metode pembelajaran interaktif. Mengingat pentingnya pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk karakter siswa sebagai warga negara yang baik dan bertanggung jawab, penelitian ini dilakukan untuk mengatasi masalah rendahnya tingkat pemahaman dan minat siswa terhadap materi kewarganegaraan. Dengan menggunakan desain PTK yang terdiri dari siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, penelitian ini mencoba mengintegrasikan teknik pembelajaran interaktif seperti diskusi kelompok, studi kasus, dan simulasi dalam proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman kewarganegaraan siswa, yang diukur melalui pre-test dan post-test, serta peningkatan partisipasi aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan metode pembelajaran interaktif terbukti efektif dalam mendorong keterlibatan siswa, memfasilitasi pembelajaran yang lebih mendalam tentang nilai-nilai kewarganegaraan, dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menerapkan konsep-konsep kewarganegaraan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap praktik pendidikan kewarganegaraan di Indonesia dengan menawarkan pendekatan pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran civik siswa. Implikasi dari penelitian ini menyarankan bahwa guru kewarganegaraan dapat mengadopsi metode pembelajaran interaktif sebagai strategi efektif untuk memperkaya pengalaman belajar siswa dan mempersiapkan mereka menjadi warga negara yang informasi, kritis, dan bertanggung jawab.


 

References

Agustiana, D. M., Malik, M., & Rumiati, S. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Citizenship Virtues, 3(2), 522–533. https://doi.org/10.37640/JCV.V3I2.1869

Bela Vista, E. R., Chasanatun, F., & Kustini, K. (2023). MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI MEDIA GAME ONLINE WORDWALL PADA MATA PELAJARAN PPKN. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(2), 271–279. https://doi.org/10.36379/AUTENTIK.V7I2.357

Fitriyani, F., Barokah, A., & Kurniati, B. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran PKN Siswa Kelas V Sekolah Dasar. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 3(2), 540–552. https://doi.org/10.47467/EDUI.V3I2.5000

Miftah, M. (2018). PENGEMBANGAN DAN PEMANFAATAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN INTERAKTIF. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK, 14(2), 147–156. https://doi.org/10.33658/JL.V14I2.117

Mislawati, M. (2023). Peningkatan Partisipasi Aktif dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di SMP Negeri I Soppeng Riaja. Jurnal Edukasi Saintifik, 3(1), 68–83. https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jes/article/view/180

Nur Aisah, R., Masfuah, S., & Shokib Rondli, W. (2022). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR PPKn DI SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 671–685. https://doi.org/10.36989/DIDAKTIK.V8I1.339

Pramitasari, I. (2021). Media Papan Pintar Pancasila sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri 2 Payaman Nganjuk. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 68–76. https://doi.org/10.53624/PTK.V2I1.47

Pranata, D. A., Jamaludin, J., & Yunita, S. (2023). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) PADA KELAS VII DI SMP SWASTA ALWASLIYAH PINANG BARIS. Majalah Ilmiah METHODA, 13(3), 332–336. https://doi.org/10.46880/METHODA.VOL13NO3.PP332-336
Pratama, A. N., & Batubara, H. H. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Materi Penerapan Nilai-nilai Pancasila. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 4(2), 157. https://doi.org/10.54471/BIDAYATUNA.V4I2.1082

Samosir, R. S., & Purwandari, N. (2020). Aplikasi Literasi Digital Berbasis Web Dengan Metode R&D dan MDLC. Techno.Com, 19(2), 157–167. https://doi.org/10.33633/TC.V19I2.3318

Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). INTERNALISASI NILAI PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN MELALUI PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBANTUAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR. Jurnal Teknodik, 155–167. https://doi.org/10.32550/TEKNODIK.V25I2.897

Syahbrudin, J. (2018). Multimedia Interaktif Berbasis Karakter sebagai upaya Peningkatan Nilai-Nilai Karakter dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Computer Engineering, Science and System Journal, 3(1), 7. https://doi.org/10.24114/CESS.V3I1.8322

Utami, A. D. D., Marini, A., Nurcholida, N., & Sabanil, S. (2022). Penerapan Aplikasi Game Wordwall dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6855–6865. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I4.3365
Published
2024-03-08
How to Cite
SIREGAR, Doli. MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VII SMP IT DARUL ABROR MELALUI METODE PEMBELAJARAN INTERAKTIF. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, [S.l.], v. 9, n. 01, p. 58-67, mar. 2024. ISSN 2774-3373. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/4750>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.54248/alhadi.v9i01.4750.