PENGARUH PENGETAHUAN PAJAK DAN KUALITAS PELAYANAN FISKUS TERHADAP KESADARAN MEMBAYAR PAJAK (STUDI KASUS WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG TERDAFTAR PADA KPP MEDAN PETISAH)

Miftha Rizkina; Sumardi Adiman;

  • Miftha Rizkina

Abstract

Usaha ekstensifikasi dan intensifikasi pajak merupakan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan penerimaan negara secara mandiri. Hal ini tidak mudah, karena dituntut peran aktif dari petugas pajak, juga kesadaran dan kemauan dari wajib pajak itu sendiri. Kurangnya kemauan masyarakat membayar pajak tidak lepas dari minimnya pengetahuan akan peraturan perpajakan dan kualitas layanan fiskus. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan pajak dan kualitas pelayanan fiskus terhadap kesadaran membayar pajak. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini dilakukan pada KPP Medan Petisah. Jumlah sampel sebanyak 50 wajib pajak orang peribadi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode empiris dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif, karena ada variabel yang akan dijelaskan dan ditelaah seberapa besar pengaruh dari variabel tersebut. Analisis data statistic mengunakan analisis regresi berganda.

Published
2020-03-13
How to Cite
, Miftha Rizkina. PENGARUH PENGETAHUAN PAJAK DAN KUALITAS PELAYANAN FISKUS TERHADAP KESADARAN MEMBAYAR PAJAK (STUDI KASUS WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG TERDAFTAR PADA KPP MEDAN PETISAH). JURNAL PERPAJAKAN, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 83-97, mar. 2020. ISSN 2685-5674. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/jurnalperpajakan/article/view/809>. Date accessed: 27 jan. 2022.