ANALISIS PENGARUH PERSEPSI HARGA JUAL PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA OK SMART SHOP MARELAN

DEWI NURMASARI PANE;

  • DEWI NURMASARI PANE

Abstract

Bisnis ritel yang dikelola secara tradisional seperti toko kelontong harus bersaing ketat dengan menjamurnya minimarket dan pusat-pusat perbelanjaan baik yang bersifat lokal, nasional, maupun internasional dengan berbagai skala dan segmen yang dibidik. Persaingan tersebut memacu para pebisnis di bidang ritel untuk menjadi pilihan pelanggan dan mempertahankan pelanggannya.Sumber data yang diperoleh penulis dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah melalui kuesioner dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil uji parsial, dapat diketahui bahwa variabel persepsi harga jual merupakan variabel yang paling berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian konsumen pada OK Smart Shop Marelan. Dan variabel pelayanan juga berpengaruh positif namun tidak signifikan. Secara serempak persepsi harga jual produk dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada OK Smart Shop Marelan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa 50,5% variabel persepsi harga jual produk dan pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada OK Smart Shop Marelan. Sedangkan sisanya sebesar 40,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-11
How to Cite
, DEWI NURMASARI PANE. ANALISIS PENGARUH PERSEPSI HARGA JUAL PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA OK SMART SHOP MARELAN. JUMANT, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 15-30, dec. 2018. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/390>. Date accessed: 26 apr. 2024.