ANALISIS PEMBENTUKAN DISONANSI KOGNITIF KONSUMEN PEMILIK SEPEDA MOTOR HONDA PADA MAHASISWA S1 EKSTENSI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI USU

DEWI NURMASARI PANE, SE., MM

  • Dewi Nurmasari Pane

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Pembentukan Disonansi Kognitif Konsumen Pemilik Sepeda Motor Honda Pada Mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi USU dan variabel manakah diantara variabel-variabel Emotional (Emosional(X1)), Wisdhom of Purchase (Kebijaksanaan Pembelian(X2)), Concern Over the Deal (Perhatian Setelah Pembelian(X3)) yang paling dominan mempengaruhi pembentukan disonansi kognitif konsumen pemilik sepeda motor Honda pada Mahasiswa S1 Ekstensi Manajemen Fakultas Ekonomi USU. Metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pembentukan disonansi kognitif konsumen pemilik sepeda motor Honda pada Mahasiswa S1 Ekstensi Manajemen Fakultas Ekonomi USU adalah Analisis Deskriptif dan Metode Regresi Linier Berganda (Multiple Linear Regression). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil analisis deskriptif dapat dilihat dari sisi emosional (X1) menyatakan telah melakukan langkah yang tepat dan membuat pilihan yang tepat dalam membeli, dari analisa wisdom of purchase (X2) konsumen merasa membutuhkan, dan melakukan keputusan yang tepat untuk membeli merek sepeda motor Honda dan dari analisa Concern Over the Deal (X3) diperoleh hasil bahwa konsumen setelah membeli sepeda motor Honda, tidak merasa menyesal, mereka merasa puas dengan persetujuan yang telah di buat. Hasil Uji t hitung menunjukkan bahwa variabel Emosional (X 1), Kebijaksanaan Pembelian (X 2 ) dan variabel Perhatian Setelah Pembelian (X 3) berpengaruh secara signifikan terhadap pembentukan disonansi kognitif konsumen pemilik sepeda motor Honda.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-08
How to Cite
, Dewi Nurmasari Pane. ANALISIS PEMBENTUKAN DISONANSI KOGNITIF KONSUMEN PEMILIK SEPEDA MOTOR HONDA PADA MAHASISWA S1 EKSTENSI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI USU. JUMANT, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 13-22, mar. 2018. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/109>. Date accessed: 28 apr. 2024.