Upaya Meningkatkan Kepuasan Nasabah Melalui Relationship Marketing dan Kualitas Pelayanan (Studi Kasus Pada PT. BPRS Amanah Insan Cita)
Emilia Embun Sari;
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relationship marketing dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT. BPRS Amanah Insan Cita. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah PT. BPRS Amanah Insan Cita yang berjumlah 92. Sedangkan teknik penentuan sampel menggunakan Accidental Sampling yang berjumlah 83 responden. Hasil dari analisis regresi yaitu Y= 13,596 + 0,565X1 + 0,141X2. Sedangkan hasil uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel relationship marketing dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada PT. BPRS Amanah Insan Cita. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi < 0,05. Uji simultan (uji F) variabel relationship marketing dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT. BPRS Amanah Insan Cita serta hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 0.494 (49,4%). Sehingga dapat dikatakan bahwa 49,4% variasi variabel terikat yaitu relationship marketing dan kualitas pelayanan pada model dapat menjelaskan kepuasan nasabah sedangkan sisanya sebesar 50,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.