PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN SIDEMPUAN MEDAN
Abstract
Rumah Makan Sidempuan adalah salah satu rumah makan yang menyajikan makanan tradisional yang terletak di wilayah Medan khususnya di jalan Sei Belutu. Rumah Makan Sidempuan focus pada penyajian makanan khas Sidempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini di ukur dengan menyebarkan angket kepada 96 pelanggan rumah makan Rumah Makan Sidempuan. Untuk mengukur hipotesis, disini penulis menggunakan teknik metode analisis data dengan sistem perhitungan statistic linier berganda dari hasil
penelitian menunjukan bahwa secara simultan harga dan kualitas pelayanan secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Menurut teori harga dan kualitas pelayanan, sangat mempengaruhi kepuasan pelanggan, karena harga dan kualitas pelayanan, yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan baik secara simultan maupun parsial disebabkan data atau sampel yang digunakan dari angket yang disebarkan kepada pelanggan, sehingga menjamin keakuratan jawaban yang diberikan pelanggan Rumah
Makan Sidempuan.
Downloads
References
Lupiyoadi, Rambat,(2001), Manajemen Pemasaran Jasa Teori Dan Praktek,Penerbit Salemba Emapt, Jakarta, .
Kotler, Philip Dan Suasnto,A.B, (2001).Menejemen Pemasaran Di Indonesia, Analisis Perencanaan, Implementtasi Dan Pengendalian, Edisi Pertama, Jilid II, Penerbit Salemba Empat, Jakarta,
Tjiptono, fandy,(2005),pemasaran jasa, penerbit bayu media malang,
Kotler Philip Dan Kevin Lane Keller. (2009). Menejemen Pemasaran, Penerjemah Bob Sabran. Edisi 13. Jilid 1. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Kotler Philip Dan Kevin Lane Keller. (2009). Menejemen Pemasaran, Penerjemah Bob Sabran. Edisi 13. Jilid 2. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Pakpahan, Manuntun dan Marihot Manulang (2013). Manajemen Pemasaran dalam Kompetisi Global. Penerbit Pakpahan Press.Meda.
Suyanto, (2004) , Analisis Dan Desin Aplikasi Multimedia Untuk Pemasaran.
Penerbit Andi. Yogyakarta.
Supranto, Johanes,(2001), Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Cetakan Kedua, Rineka Cipta, Jakarta,
Sugyono. (2006). Metode Penelitian Bisnis. Penerbit Alfabeta. Bandung Sugyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Penerbit Alfabeta. Bandung
Laksana, Fajar. (2008). Menejemen Pemasaran, Pendekatan Praktis. Edisi Pertama.
Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta
Rangkuti, frredy.(2013). Riset pemasaran. Gramedia pustaka utama, jakarta. Nugroho,.(2005). Strategi jitu memilih metode statistik penelitian dengan SPSS. Andi press.yogyakarta
Situmorang, syafrizal helmi, doli m. Ja’far dalimunthe, iskandar muda, muslich lutfi, syahyunan. (2007). Analisis data penelitian (menggunakan program SPSS). Terbitan pertama.USU press.medan