PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN SIDEMPUAN MEDAN
DEWI NURMASARI PANE; MIFTAH EL FIKRI; HUSNI MUHARRAM RITONGA
Abstract
Rumah Makan Sidempuan adalah salah satu rumah makan yang menyajikan makanan tradisional yang terletak di wilayah Medan khususnya di jalan Sei Belutu. Rumah Makan Sidempuan focus pada penyajian makanan khas Sidempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini di ukur dengan menyebarkan angket kepada 96 pelanggan rumah makan Rumah Makan Sidempuan. Untuk mengukur hipotesis, disini penulis menggunakan teknik metode analisis data dengan sistem perhitungan statistic linier berganda dari hasil
penelitian menunjukan bahwa secara simultan harga dan kualitas pelayanan secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Menurut teori harga dan kualitas pelayanan, sangat mempengaruhi kepuasan pelanggan, karena harga dan kualitas pelayanan, yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan baik secara simultan maupun parsial disebabkan data atau sampel yang digunakan dari angket yang disebarkan kepada pelanggan, sehingga menjamin keakuratan jawaban yang diberikan pelanggan Rumah
Makan Sidempuan.