ANALISIS KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI DAN PENGAWASAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS BINA MARGA PROPINSI SUMATERA UTARA UPTD BINJAI

Muhammad Isa Indrawan;

  • Muhammad Isa Indrawan

Abstract

Tujuan penulis melakukan penelitian di Dinas Bina Marga Propinsi Sumatera Utara UPTD Binjai adalah untuk mengetahui secara serempak dan simultan pengaruh komunikasi antarpribadi dan pengawasan (controlling) terhadap kinerja pegawai Dinas Bina Marga Propinsi Sumatera Utara Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Binjai. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data primer dan data sekunder, yaitu dengan pengamatan atau observasi, wawancara (interview), dan angket atau kuisioner dan studi kepustakaan. Peneliti menggunakan angket yang berstruktur sebagai alat/instrumen untuk memperoleh data primer dengan sistem skala likert yang disebarkan kepada 70 responden. Dari hasil penelitian diketahui bahwa komunikasi antarpribadi  dan pengawasan secara serempak (simultan) berpengaruh signifikan dan positif terhadap  Kinerja Pegawai Dinas Bina Marga Propinsi Sumatera Utara Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Binjai. pada tingkat kepercayaan 95% atau tingkat signifikan 5% sesuai dengan hasil Fhitung 120,872 > dari tabel Ftabel 2, dan probabilitasnya signifikan lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 Hasil uji `t` menunjukkan bahwa komunikasi antarpribadi  dan pengawasan  mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja pegawai Kinerja Pegawai Dinas Bina Marga Propinsi Sumatera Utara Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Binjai.Artinya, peningkatan komunikasi antarpribadi  dan pengawasan  diikuti dengan kenaikkan Kinerja pegawai pada Dinas Bina Marga Propinsi Sumatera Utara Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Binjai. Secara parsial bahwa variabel komunikasi antarpribadi memiliki pengaruh dominan dibandingkan dengan variabel pengawasan. Koefesien determinasi (Adjusted R Square) asil regresi adalah 77,7% menunjukkan bahwa variabel bebas 77,7% dapat menjelaskan 77,7 % terhadap variabel terikat (kinerja pegawai). Hal ini menyatakan bahwa hipotesis sebelumnya diterima.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-31
How to Cite
, Muhammad Isa Indrawan. ANALISIS KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI DAN PENGAWASAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS BINA MARGA PROPINSI SUMATERA UTARA UPTD BINJAI. JUMANT, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 19-27, jan. 2019. ISSN 2088-3145. Available at: <https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/444>. Date accessed: 02 may 2024.

Most read articles by the same author(s)